5 Problem Yang Sering Terjadi Saat Proses Cetak

 

5 Problem Yang Sering Terjadi Saat Proses Cetak - 5 problem ini biasanya akan kita jumpai saat kita sedang menjalankan proses cetak atau printing. Sebelum kita membahas problem-problem yang sering terjadi saat proses cetak,kita perlu pahami terlebih dahulu apa itu proses cetak.

5 Problem Yang Sering Terjadi Saat Proses Cetak


Apakah proses cetak itu?

Proses cetak adalah proses dimana terbentuknya sebuah hasil proses melalu beberapa unit design di gabungkan menjadi sebuah design sempurna dengan menggunakan media cair yang menempel pada media film (bahan). Proses cetak sederhana bisa menggunakan mesin sablon, sedangkan proses cetak modern sudah menggunakan mesin cetak, baik mesin cetak flexo, offset maupun rotogravure.

Problem Pada Saat Proses Cetak

1. Warna tidak solid
Pada kasus ini biasanya terjadi karena kekentalan tinta yang terlalu rendah sehingga membuat ke solidan tinta pecah. Secara visual akan terlihat pada hasil cetakan dengan ciri-ciri warna pecah dan bintik-bintik.

2. Problem Line atau bergaris

Adalah terbentuknya garis secara vertikal di hasil proses di luar dari design yang seharusnya. Penyebabnya bisa di karenakan tinta yang di gunakan tidak standar, Cylinder atau tabung yang sudah aus, Doctor blade yang sudah aus, kekentalan tinta yang tidak standar dsb.
Problem ini juga bisa disebabkan karena tinta kotor akibat dari pecahan-pecahan logam kecil yang jatuh kedalam tinta.

Baca. Solusi tepat problem  garis pada pada proses printing.

3. Problem Omega atau blushing

Adalah terbentuknya mega atau bayangan secara samar-samar pada hasil cetakan.Biasanya omega akan terbentuk pada daerah non image pada sebuah tabung dan terbawa pada media cetak.
Penyebabnya bisa di karenakan cylinder atau tabung yang sudah aus, tinta terlalu kental dan juga settingan doctor blade yang tidak tepat.

4. Problem Misprint
Adalah problem dimana antara design yang satu dengan design yang lain tidak tepat, sehingga secara visual produk yang di hasilkan akan terlihat seperti berbayang
Penyebabnya ada beberapa hal yang mengakibatkan gambar menjadi misprint,seperti Cylinder,Tension, Roll press dsb.

5. Blocking
Dimana kondisi hasil cetakan pada design tidak sempurna menghasilkan warna,atau bila di jelaskan secara mudah artinya tinta tidak menempel pada media cetak.
Penyebabnya adalah bisa dari pemanas yang kurang tinggi,roll pendingin yang tidak sesuai dsb.

Dari beberapa problem diatas yang harus kita perhatikan adalah saat persiapan sebelum melakukan proses cetak.Yang membutuhan solasi anti pansa bisa lihat di isolasi tahan panas.
5 Problem Yang Sering Terjadi Saat Proses Cetak 4.5 5 Belajar Internet Marketing 5 Problem Yang Sering Terjadi Saat Proses Cetak - 5 problem ini biasanya akan kita jumpai saat kita sedang menjalankan proses cetak atau pri...