Apa itu Doctor Blade? Mengenal Doctor Balde

 

Doctor Blades sebenarnya merupakan bagian penting dari pencetakan komersial. Meskipun ada banyak metode pencetakan, ada dua metode utama yang menggunakan Doctor Blade. Mereka disebut pencetakan Rotogravure (gravure), dan Flexographic (flexo).


Apa itu Doctor Blade? Mengenal Doctor Balde


Kata dokter diperkirakan berasal dari akar bahasa Jerman, di mana ia pertama kali disebut "pisau duktor", yang berarti menggambar melintasi permukaan. Doctor blade mengukur (mengontrol) jumlah tinta cair yang disimpan pada silinder cetak.

Ini dilakukan dengan menyeka permukaan silinder dari kelebihan tinta sementara silinder berputar dalam persediaan tinta. Sementara gravure dan flexo adalah proses yang sama sekali berbeda, blade mengukur tinta pada keduanya.

Rotogravure adalah proses pencetakan yang memiliki akar yang kembali setidaknya 100 tahun. Mesin cetak gravure modern biasanya memiliki 8 hingga 10 unit atau stasiun pencetakan. Setiap stasiun dapat membawa tinta warnanya sendiri dan memiliki silinder cetak dan blade dokter sendiri.

Doktor Blade biasanya terbuat dari baja karbon khusus dan dipanaskan dengan kekerasan yang memungkinkannya untuk dipakai dengan sangat lambat. Silinder pencetakan membawa gambar yang akan dicetak. Itu terbuat dari inti baja yang dilapisi dengan paduan tembaga khusus. Tembaga kemudian diukir dengan sel-sel yang sangat kecil yang membentuk gambar.

Sel-sel ini berbentuk seperti piramida terbalik. Mereka sangat kecil. Anda dapat menyusun 100 hingga 300 sel ini dalam satu inci. Setelah ukiran, tembaga kemudian dilapisi dengan kromium. Kromnya keras dan memungkinkan silinder menjalankan banyak salinan cetakan tanpa aus. Baja pisau dokter tidak sekeras krom pada silinder. Desain ini memungkinkan pisau yang relatif murah dipakai sebelum silinder mahal.

Doctor Blades akan bertahan dari satu shift kerja hingga beberapa hari. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kehidupan bilah dokter. Jenis tinta, warna tinta, dan permukaan silinder semuanya dapat memengaruhi masa pakai blade. Selain semua ini, cara operator pers menetapkan sudut dan tekanan blade dokter pada silinder dapat memiliki efek besar pada blade dan bahkan umur silinder.

Pencetakan flexographic tidak setua rotogravure. Sejarahnya sebagai proses pencetakan utama mungkin sudah ada sejak 30 tahun yang lalu. Dalam pencetakan flexo, silinder gambar (disebut silinder selimut atau selongsong) terpisah dari silinder tinta. Silinder gambar terbuat dari baja atau inti komposit yang memiliki penutup polimer (selimut).

Penutup ini membawa gambar dengan menggunakan area terangkat. Area yang terangkat ini pada silinder selimut disuplai oleh silinder kedua yang disebut silinder anilox (gulungan). Gulungan anilox ini biasanya terbuat dari inti baja yang disemprot plasma dengan pelapis keramik keras khusus. Lapisan ini kemudian dipoles halus, dan kemudian diukir dengan sel berbentuk sisir madu yang membawa tinta.

 Pengukiran biasanya dilakukan dengan sinar laser. Gulungan anilox mendapat tinta dari ruang tinta yang tertutup. Ruang tinta ini mengendarai anilox dan diisi dengan tinta menggunakan sistem pompa. Berbentuk persegi panjang. Ada 2 bilah dokter (satu di atas dan satu di bawah) yang digunakan di ruang tertutup.

Satu bertindak sebagai pisau meteran dan mengontrol jumlah tinta yang mengisi sel-sel kecil dan pisau kedua bertindak sebagai pisau penyegel, untuk mencegah tinta bocor keluar dari ruangan. Ruangan itu juga memiliki segel di setiap ujungnya, yang biasanya terbuat dari plastik atau bahan yang dirasa.

Doktor blade juga dapat dibuat dari plastik dalam beberapa jenis pencetakan flexo. Sel-sel gulungan anilox bisa jauh lebih kecil dari sel-sel gravure. Mungkin ada sedikitnya 100 sel per inci hingga 2.000 sel per inci.

Doctor Blade diproduksi dalam berbagai ukuran dan bentuk. Bilah baja dapat berkisar dari 0,004 ”(0,10 mm) hingga 0,010” (0,25 mm). Mereka juga dapat memiliki bentuk khusus agar sesuai dengan aplikasi. Bentuk yang paling sering digunakan di kedua gravure dan flexo disebut ujung lamella. Tip ini adalah area step yang diperkecil yang biasanya 0,060 ”(1,4mm) lebar dan biasanya ½ dari ketebalan logam dasar.


Sumber: Rotogravureindonesia.co.id

Pisau khas yang banyak digunakan adalah .006 ”(0,15mm) tebal dengan lamella tebal 0,003” (0,075mm) (langkah dikurangi). Lamella (langkah yang dikurangi) memungkinkan blade dokter untuk mengukur sel tinta yang sangat halus tanpa meninggalkan tinta di area silinder yang tidak dirancang untuk dicetak. Mata pisau dokter dan silinder cetak dapat berkisar dari 7 "hingga 120". Ukuran kecil dapat mencetak label dan pekerjaan pencetakan kecil lainnya, sedangkan ukuran terbesar adalah untuk mencetak publikasi volume tinggi dan item pengemasan. Yang mencari doctor blade bisa mencari di jual doctor blade. Yang membutuhkan alat pengukur viscositas bisa lihat di jual rigosha zahn cup.
Apa itu Doctor Blade? Mengenal Doctor Balde 4.5 5 Belajar Internet Marketing Doctor Blades sebenarnya merupakan bagian penting dari pencetakan komersial. Meskipun ada banyak metode pencetakan, ada dua metode utama yan...